Evaluasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pengajaran Sejarah: Tinjauan Terhadap Capaian Kompetensi dan Motivasi Belajar

  • Beriqtian Fernanda Universitas PGRI Yogyakarta
  • Fahruddin Universitas PGRI Yogyakarta
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, Capaian kompetensi, Motivasi belajar

Abstrak

Penilitian ini mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam pengajaran sejarah, dengan fokus pada capaian kompetensi dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan melibatkan studi kasus di beberapa sekolah menengah atas dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dengan mengumpulkan referensi jurnal, artikel, skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan capaian kompetensi siswa, termasuk pemahaman materi, keterampilan analisis dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, metode ini juga terbukti meningkatkan motivasi belajar siswa yang terlihat dari keterlibatan aktif dan minat yang lebih tinggi terhadap materi sejarah. Namun, implementasi metode ini menghadapi beberapa tantangan seperti kebutuhan akan waktu yang lebih lama dan dukungan intensif dari guru. Berdasarkan temuan ini, disarankan adanya pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi guru serta pengembangan sumber daya yang relevan untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran sejarah melalui metode inovatif

Referensi

Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235

Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16–21. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.241

Dewi, A., Dewi, L., & Setiawati, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Edutcehnologia, 2(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/19654/10072

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Harahap, R. R. (2023). Pendekatan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 1–7.

Haryono, A., & Suprijono, A. (2021). Pengaruh Hybrid Learning Dalam Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Capaian Berpikir Kritis Siswa Di Sman 1 Lamongan. Avatara, 11(3), 1–11.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

S., L. A. (2012). Berbasis Pendidikan Karakter Di Solo Raya ( Development History of Sma- Based Learning Model in Solo Raya Character Education ). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 412–426.

Septiyaningsih, I. C. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Penugasan Berbasis Proyek Tentang Sejarah Kota Lama Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 17–24. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe

Umamah, N., Fitrianingsih, R., & Na’im, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X SOS 2 di SMAN 4 Jember Tahun Ajaran 2014 / 2015 ( Application of Project Based Learning Model to Improve Critical Thi. Jurnal Edukasi Unej 2015, 2(1), 32–36. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3511

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583

Diterbitkan
2024-08-29
Bagian
Articles