Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Perlawanan Samin Surosentiko Terhadap Kolonialisme Di Kabupaten Blora Untuk Kelas XI 5 SMAN 1 Ngawen

  • Pandu Wicaksono Universitas Negeri Malang
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang
Kata Kunci: Samin Surosentiko, Pembelajaran Sejarah, Media pembelajaran

Abstrak

Perkembangan informasi dan teknologi dalam dunia pendidikan berdampak besar pada proses pembelajaran sejarah disekolah. Sehinggaperan media pembelajaran menjadi sangat penting dalam proses penyampaian materi. Berdasarkan analisis kebutuhan di SMAN 1 Ngawen, penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah masih minim digunakan dan hanya terbatas pada media powerpoint. Maka dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis powtoon materi perlawanan Samin Surosentiko dalam melawan kolonialisme di Kabupaten Blora dengan model penelitian research and Development (RnD) model ADDIE yang dikembangkan oleh Nunuk Suryani. Hasil penelitian ini menunjukan menunjukan kategori sangat layak digunakan dengan persentase 93% untuk ahli materi dan 81% untuk ahli media. Produk media pembelajaran ini juga diaplikasikan ke siswa dengan dua kelompok dimana dalam kelompok kecil mendapatkan persentase 90% dan kelompok besar mendapatkan persentase 86%. Dengan hasil dari uji validitas dan uji kelayakan, media pembelajaran berupa video animasi berbasis powtoon dengan materi terkait perlawanan Samin Surosentiko terhadap pemerintahan kolonial sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Ngawen.

Referensi

Alfiyah, R., Jayusman, J., & Shokheh, M. (2017). Peran Guru Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal Di SMA Negeri 1 Ambarawa. Indonesian Journal of History Education, 5(2).

Alvionita, H. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran sejarah sma di kabupaten semarang tahun ajaran 2014/2015. Indonesian Journal of History Education, 3(2).

Arifah, N., Sari, N. M., & Abdullah, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Teknik Sipil, 1(4): 152-155.

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo persada. Firdaus, T. (2019) "Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran.".

Fitri, and Haryanti. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Edited by tegar rahardian Kusuma and Kamilia Sukmawati. 1st ed. Malang: madani media. Kelompok intrans publishing, wisma kalimetro

Gazali, Z., & Nahdatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Biologi Sel Untuk Siswa Sma/Ma Kelas Xi Ipa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 236–238.

Jatiningtias, N.H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi. UNNES.

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil

belajar siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

RITONGA, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi menulis puisi kelas X SMA (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara)..

Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 77–86.

Sari, Y. (2023). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe Mind Mapping di Kelas XI IPS Tahun Pelajaran 2021-2022 SMA Negeri 2 Lembang Jaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1223-1232.

Setyosari, Punaji, Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Press.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT

BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Yunita, N., & Delita, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Vulkanisme Kelas X di Pondok Pesantren Daarul Muhsinin Labuhan Batu: Development of Animated Video Learning Media on Volcanism for Class X at Daarul Muhsinin Islamic Boarding School Labuhan Batu. Journal of Digital Learning and Education, 2(1), 13-21.

Sanjaya, W. (2020). Media Komunikasi Pembelajaran. Pena Grafika.

Diterbitkan
2024-08-29
Bagian
Articles