Pemanfaatan Kitab Adab Al Alim Wa’al Muta’allim Karya Kh Hasyim Asy’ari Sebagai Sumber Belajar Sejarah Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas
Abstrak
Tujuan dari artikel ini ialah untuk mengetahui serta menganalisis kitab Adab al Alim wa al Muta’allim karya KH Hasyim Asy’ari menjadi sumber belajar sejarah untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan sumber yang digunakan dalam artikel ini menggunakan beberapa jurnal. Penelitian ini menggunakan teknik berupa pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data yang relevan yang dibutuhkan dalam penelitian ini yang dilakukan dengan cara mencari dan menghimpun bahan-bahan pustaka seperti jurnal, buku, kitab Adab al Alim Wa Al Muta’allim dan sebagainya. Dalam zaman yang semakin melek akan teknologi yang semakin canggih membuat setiap generasi bangsa mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi, semakin canggihnya teknologi berdampak pada generasi muda. Tidak hanya dampak positif yang diterima namun juga terdapat dampak negatif bagi kehidupan bangsa lebih tepatnya generasi muda, seperti kurangnya meminimalisir atau menyaring informasi-informasi yang masuk ke dalam negeri terutama kepada para generasi bangsa. Dampak dari menerima informasi secara mentah mengenai kebudayaan yang dibawa oleh bangsa luar seperti bangsa barat dapat menghilangkan identitas pada diri generasi suatu bangsa. Dalam mengatasi masalah tersebut pendidikan sangat penting dalam menumbuhkan karakter peserta didik. Hasil dari penelitian ini ialah pendidik dapat memberikan buku terjemahan kitab kepada peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar peserta didik, pendidik dapat menggunakan dua metode dalam menyampaikan yakni ceramah dan bandongan. Pendidik juga dapat melihat perkembangan perubahan perilaku atau sikap peserta didik dari awal sampai akhir sebagai hasil dari pembelajaran materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
Referensi
“Biografi KH Hasyim Asy’ari”. (27 Juli 2017). Diakses melalui laman http://www.jejakpendidikan.com/2017/07/biografi-kh-hasyim-asyari.html
Abdurrahman, F. (2012). Konsepsi pendidikan Akhlak KH Hasyim Asy’ari: Studi pustaka dalam kitab adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’alim (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Fadhil, M. R., & Hidayat, B. (2018). KH. Hasyim Asy’ari Dan Resolusi Jihad Dalam Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Tahun 1945. SWARNADWIPA, 2(1).
Fuad, M. S. (2019). STUDI ANALISIS NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADAB AL-'ALIM WA AL-MUTA'ALIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Irfa’I, Achmad. (2020). “RIWAYAT PENDIDIKAN MBAH HASYIM ASY’ARI”. Diakses melalui laman https://assalafiyahbrebes.com/riwayat-pendidikan-mbah-hasyim-asyari/
Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15-26.
Khalim, A. D. N. (2020). Urgensi Materi Pembelajaran Akhlak KH Hasyim Asy’ari Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(2), 68-81.
Kholis, Ahmad Nur.(2020).”Menengok Isi Kitab Adab al Alim Wal Muta’allim Karya KH Hasyim Asy’ari”. Diakses pada https://www.nu.or.id/pustaka/menengok-isi-kitab-adab-al-alim-wal-muta-allim-karya-kh-hasyim-asy-ari-nT3ot
Ma’sum, F. (2019). Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Muchibin, A., & Maarif, M. A. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 39-48.
Mukani, M. (2018). Toleransi Perspektif KH. M. Hasyim Asy’ari dan Peran Pendidikan Islam Sebagai Upaya Deradikalisasi di Indonesia. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 121-142.
Mundhir, I., & Mahsun, A. (2018). Urgensi dan Relevansi Pembelajaran Kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim Karya KH. M. Hasyim Asy'ari dalam Membentuk Moral Siswa. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(02), 133-152.
Munir, M. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Prespektif Kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Mu'ta'allim. JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen, 1(2), 34-50.
Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter.
NASIONAL, D. R. D. T. P., & HASANAH, U. ETIKA PELAJAR DALAM KITAB ADAB AL ‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI.
Nata, A. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Adab Al-‘Alim wa al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia (Master's thesis, Perpustakaan Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rahmadi, A. (2021). Nilai-nilai etika dalam kitab adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dan implikasinya terhadap pembentukan perilaku keberagamaan Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Sahal, M. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’alim (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).
Sari, W. N., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2021). Analisis Adab Belajar Siswa Menurut Kh. M. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’alim (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Sunyoto, H Agus.(2016). “Resolusi Jihad NU dan Perang Empat Hari di Surabaya”. diakses melalui https://www.nu.or.id/opini/resolusi-jihad-nu-dan-perang-empat-hari-di-surabaya-E3XqK
Winingsih, H., Syafe'i, I., Fauzan, A., & Fadilah, M. K. (2022). Konsep Akhlak dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan Implementasinya pada Pembinaan Akhlak Santri. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114-129.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##